Uncategorized

Kambing, Anjing, dan Bukan-Kambing-Ataupun-Anjing

Bukan. Saya bukan lagi mau menceritakan tentang kisah percintaan antara kambing dan anjing. Lebih dari itu, saya akan menceritakan kisah kasih berliku antara saya dan mereka [dramatis].

Beginilah nasib kalau kau ditempatkan di ujung Pulau, Kawan. Memang banyak hal yang saya cinta di pulau kecik nan semlohai ni, kehijauannya, kekeluargaannya, kesederhanaannya, sejarahnya, keramahannya (masyarakat melayu memang ramah-ramah sih kebanyakan), namun tentulah tak ada yang sempurna. Dan memang ketidak-sempurnaan itu terkadang merupakan sebuah proses pembelajaran agar bisa kita petik hikmahnya, tapi yah tergantung orangnya, hikmah itu harta karun kan.

“Ambillah hikmah yang kamu dengan dari siapa saja, sebab hikmah itu kadang-kadang diucapkan oleh seseorang yang bukan ahli hikmah. Bukankah ada lemparan yang mengenai sasaran tanpa disengaja?” (HR. Al-Askari dari Anas ra dalam kitab Kashful Khafa’ Jilid II, h.62))

“Hikmah laksana hak milik seorang mukmin yang hilang. Di manapun ia menjumpainya, di sana ia mengambilnya” (HR. Al-Askari dari Anas ra)

Inilah kisah haru biru itu. Belakangan ini saya sering sekali hampir menabrak kambing dan anjing. Saya tekankan sekali lagi, HAMPIR. Dan kata belakangan itu maksudnya minggu-minggu ini, belum yang minggu-minggu kemarin.

Saya juga ga’ ngerti apakah memang kambing dan anjing di pulau ini seperti sapi di India yang ‘silahkan saja’ bertamasya di sepanjang jalan. Tapi di pulau kecik ni Kawan, kau harus rela berbagi jatah jalan dengan mereka.

Dengan semena-mena kambing-kambing ini makan rumput di tengah jalan. Kalian tau kan, biasa jalur kanan dan jalur kiri jalan dipisah dengan semacam pembatas rumput dan bunga-bunga ditengah-tengahnya. Nah! Rumput-rumput ditengah itulah yang mereka makan. Apalagi kalau mereka sudah membawa anak-anak beserta sanak saudara. Dengan santainya menyebrang dan bertebaran sembarangan dijalan. Mencomot rumput-rumput yang sudah susah payah dirapikan petugas2 kebersihan yang gajinya ‘senin-kamis’ itu. Betul-betul tak beradab. Mengingatkan saya pada manusia yang suke merosak dan mengambil hal yang bukan hak nye.

Dan anjing? Hahay. Memang merasa selebiritis binatang satu ni, Kawan. Saya dibuatnya seperti orang yang sedang tertunduk-tunduk permisi lewat. Di perjalanan ke kantor tadi pagi saya harus melewati 3 ekor anjing yang dengan santai nya berjemur di tengah-tengah jalan secara acak. Betul-betul tak punya adat, tak berperi-kemanusiaan! Terpaksalah saya mengerem dan harus berbelok-belok agar mereka tak terlindas roda motor saya yang mulai halus itu. Kalau lagi kesal biasa saya klaksonin kencang-kencang. Kemungkinan nya ada tiga, pertama mereka terkejut berlari lintang pukang, kedua mereka mengejar motor saya, dan ketiga tetap menikmati waktu berjemur mereka. Sungguh tipe-tipe yang egois. Benar-benar menyebalkan. Betullah kata Pak Cik Mansor, “Hanye binatang saje yang tak tahu malu bejalan dan bejemor telanjang di khalayak ramai, kau camkan cakap aku ni Anak Gadis. Make jagelah oleh kalian marwah kaum perempuan tu.”

Belum lagi kalau kau bertemu dengan mobil atau motor yang seenak jidatnya parkir sembarangan. Kugambarkan keadaan jalannya pada mu Kawan. Jalan itu hanya cukup untuk dua mobil. Pas. Sekarang kau bayangkanlah, jika ada mobil yang parkir disetengah sisinya. Kubisikkan pada mu ya,, mobilnya plat merah taw.. *bisik-bisik*. Ditambah lagi dengan rombongan jalan santai kambing dan anjing-anjing yang tak punya adat istiadat ini. Oi mak. Sampai sekarang saya masih bertanya-tanya, sebenarnya manusia yang mencontoh binatang-binatang ini, atau jangan-jangan binatang-binatang ini yang mencontoh lelaku manusia. Hay Kawan,, inilah kalau otak cuma daging tak berfungsi.

Mereka berteman

pindahan dari sini : http://humairamarby.wordpress.com/2010/01/12/kambing-anjing-dan-bukan-kambing-ataupun-anjing/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s