Uncategorized

Derajat Cita-Cita

“Fight for what you wanna be. There’s no succesful without fighting.” (iRAstoteles)

DR. ‘Aidh bin Abdullah Al Qarni

Kejarlah yang paling tinggi. Sesungguhnya Nabiyullah Musa as saat diistimewakan Allah swt dengan kalam, ia mengatakan, “Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku, agar aku dapat melihat-Mu.”

Kemuliaan tidak datang sebagai hadiah. Tapi diperoleh dengan peluh. Seperti burung Hud hud terbang membawa surat. Lalu keberaniannya diabadikan dalam surat An Naml. Seperti seekor semut yang bergerak selalu tak kenal henti. Membutuhkan kesabaran berlipat dan waktu yang lama.

Lalu engkau ingin kemuliaan tanpa kesungguhan? Ingin mencapai ketinggian, tetapi lelap di waktu malam? Berharap surga, tetapi meremehkan sunnah?

Rasul kita saw, berdiri shalat hingga bengkak mata kakinya. Ia menyisipkan batu di perutnya karena lapar. Padahal dia adalah seorang hamba yang terlindungi. Tapi bercucuran darahnya karena lemparan batu. Dan ia hadapi setiap tipu daya.

Abu Bakar ra diseru dari salah satu pintu diantara delapan pintu surga.  Itu karena hatinya terkait dengan Rabbnya di setiap detiknya. Seluruh perkataannya bersumber dari agamanya. Seluruh sikapnya berasal dari petunjuk. Ia tegakkan al haq di setiap keadaannya. Ia infakkan hartanya di jalan Allah. Ia hijrah dan tinggalkan keluarganya.

Umar ra mengenakan pakaian sobek. Merasa perih dan sakit jika mengingat kematian. Ia tempuh hidup dengan sangat hati-hati dalam masalah agama. Berlaku adil, bersedekah dan tunaikan tahajjud. Memohon kepada Allah agar mati sebagai syahid. Lalu Allah izinkan untuknya syahid di dalam masjid.

Keluarlah dari kerangkeng khayalan. Wahai orang yang tertawan oleh nyanyian. Bersihkan debu kemalasan. Tinggalkan orang yang hanya mampu mencela dan mengkritik. Siapapun yang berjalan maka ia pasti akan sampai. Apakah engkau lupakan ayat-ayat, engkau tunda-tunda shalat, engkau abaikan perjalanan usia dengan bergadang, lalu engkau rindukan surga?

Sungguh seekor semut tidak bisa kenyang kecuali setelah gigih mencari. Seekor macan tidak disebut raja hutan kecuali karena terkaman dan lompatannya. Busur tidak pernah mengenai sasaran, kecuali ia keluar dari kantungnya. Pedang tidak mampu menebas kecuali lebih tajam dari pisau.

Burung membangun sarangnya dari rumput-rumput kering. Keledai membawa jerami untuk mendapatkan makanannya. Laba-laba, bekerja di rumah-rumah. Biawak menggali sendiri tempat persembunyiannya.

Sedangkan engkau mempunyai waktu. Tapi kepalamu bertopang dagu. Rasulullah saw bersabda,”peliharalah apapun yang bermanfaat untukmu.” karena sesuatu yang bermanfaat bagimu, bisa menaikkan dirimu. ”Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah.” Karena dengan kekuatanlah, istana yang indah bisa dibangun. Dan dengan kekuatanlah, kemuliaan bisa terenggut.

Pemilik cita-cita tak pernah peduli dengan panas. Tidak takut menghadapi dingin. Tidak goyah oleh bahaya. Tidak gelisah oleh kepahitan. Itu karena dia telah tertameng dengan kesabaran.

Pemilik cita-cita mendahului umat ini menuju puncak. ”Dan orang-orang yang paling dahulu beriman. Mereka itulah orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).” (QS. Al Waqi’ah: 10-11). Karena mereka telah melakukan banyak kebaikan.

Bumi berputar. Bulan berjalan. Sedangkan engkau tertidur dan tidak sadar. Engkau makan, minum, bermain dan menyanyi, tenggelam dalam dosa.

Ketika Al Ahnaf merasa tersekat tenggorokannya karena kemarahan. Ia lalu memutuskan dirinya menjadi yang paling pemaaf. Ketika Hatim memberi makanannya untuk orang yang datang, mengeluarkan hartanya di musim kesulitan, ia menjadi contoh dalam kemurahan. Dan menjadi kisah kedermawanan di saat mudah dan sulit.

Telah rabun sebagian pencari hadits karena banyaknya meriwayatkan hadits. Tapi mereka tidak berhenti dan tidak diam hingga mencapai usia akhirnya. Telah berjalan Imam Ahmad bin Hambal dari Baghdad ke Shan’a mencari hadits. Sedangkan engkau enggan sekedar menghafal do’a. Salah seorang mereka pergi ke Mesir, memakan waktu berbilang bulan. Pagi hari diperjalanan dan sore hari diperjalanan. Hanya untuk mencari satu buah hadits. Demi mencapai kemuliaan yang diabadikan.

Jika tanpa ujian berat, tak pernahlah Ahmad diseru dengan panggilan Imam As Sunnah. Cambukan telah menghantarkannya pada kemuliaan. Ibnu Taimiyah dikurung dalam jeruji penjara. Tapi ia menyinari zamannya dengan ilmu.

Ketahuilah, air yang diam itu air yang rusak. Karena ia tidak mengalir. Karena ia tidak berjalan. Jika berjalan dan mengalir, ia akan menjadi manfaat bagi kehidupan.

Allah memerintahkan kita untuk beramal, dan ingin menyaksikan amal perbuatan kita. ”Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan Kami, pasti kami beri petunjuk kepada mereka dengan jalan-jalan Kami. ”Hidup ini adalah aqidah dan jihad. Kesabaran dan kekuatan. Pengorbanan dan perjuangan. Kebaktian dan kemenangan. Tidak ada tempat dalam hidup ini untuk yang banyak makan dan malas. Tidak ada tempat duduk di kendaraan dunia ini bagi yang tersingkirkan.

Carilah pahala sejak fajar. Membaca dan berdzikir. Atau do’a dan mengucap syukur. Karena saat itulah, waktu keberangkatan burung-burung dari sarangnya. Dan jangan lupakan: ”Allah memberkahi umatku pada kepagiannya.”

Katakan pada si pemalas yang gemar tidur. Yang berat bergerak dan suka melamun. Hapuskan tidur dari matamu. Buang kantuk dari kelopakmu. Engkau takkan pernah menyaksikan secercah cahaya ketinggian. Sampai engkau berdiri dan melompat, bersama orang yang melompat. Sampai engkau lakukan apa yang harus dilakukan. Sampai engkau tempuh tangga demi tangga mencapai kemuliaan.

Dikutip dari Edisi 129 Th. 7/Safar 1427 H/30 Maret 2006 M

e-mailed from a friend

http://rabytah.multiply.com/journal/item/95/Derajat_Cita-Cita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s