Her Kitchen

Pindang Ikan Kembung

 

Karena suami peranakan Sumatra Selatan, sekarang jadi lebih sering masak makanan dari daerah Palembang. Tekwan dan Pempek sudah biasa kali ya. Kali ini masak Pindang khas Palembang. Biasanya ikan Patin yang dipakai, tapi karena di daerah sini jarang banget bisa dapet ikan tawar jadinya dituker pake ikan kembung. insyaAllah, bahan-bahannya gampang didapet kok, ngolah nya juga mudah. Happy cooking!🙂
Bahan :
– Ikan Kembung kecil 10 ekor

Bahan Bumbu :
– Serai 2 batang (dikeprek, biar gampang di iket, ga di iket juga gapapa)
– Rampai 6 buah (bisa juga diganti tomat 2 buah)- Cabe merah 5 buah
– Cabe rawit 8 atau 9 biji atau sesuai selera (kali aja ga suka pedes)
– Jahe 1 ruas jari (kira-kira 3 cm), iris tipis. ga pake juga gapapa. Mama mertuaku ga pake soalnya.
– Kunyit 1 ruas jari, iris tipis.
– Lengkuas 1 ruas jari, iris tipis.
– Daun salam 5 lembar
– Garam secukupnya (rasa-rasa aja di lidah, kira2 udah pas di lidah berarti ya udah hehe)
– Penyedap rasa secukupnya (aku pake Penyedap As-Sultan Non-MSG)
– Air 800 Ml

Bahan yang dihaluskan :
– Bawang merah 6 siung
– Bawang Putih 2 siung

How to :
– Giling bawang merah dan bawang putih sampai halus, kemudian tumis.- Rebus air hingga mendidih.
– Masukkan semua Bahan Bumbu. Aduk.
– Kemudian masukkan Bahan yang dihaluskan yang sudah ditumis.
– Kemudian masukkan Ikan Kembung satu per satu.
– Masak hingga matang. Hidangkan selagi hangat.

jangan ditinggal nyuci ya, ntar kematengan ikannya rada berubah bentuk gitu, rada ancur maksudnya, lembek, hehe😀

happy cooking ladies!🙂

One thought on “Pindang Ikan Kembung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s