Noted

Balon Warna Hitam

Kisah Tentang Balon Warna Hitam. Seorang anak yang berkulit lebih gelap dan sedikit hitam di banding teman-teman sebayanya, suatu hari memprotes sang ayah. Ia merasa minder dan tak percaya diri. Ia merasa teman-temannya yang berkulit terang dan lebih putih, lebih unggul, lebih pintar dan lebih pandai dari dirinya, kulit gelap dan kulit terang, warna putih dan warna hitam, telah membuatnya tak merasa sempurna.

Lalu sang ayah mengajaknya ke sebuah pasar, tempat banyak orang menjajakan barang, termasuk seorang penjual balon yang sedang memompa dagangannya.  Ia memompa balon biru, ketika seorang datang membeli, lalu melepaskannya dan balon biru terbang tinggi ke angkasa. Semua orang berseru dan bertepuk tangan gembira. Kemudian ia memompa balon warna merah, untuk seorang anak yang datang dan membelinya, lalu sang anak melepaskannya ke udara, balon merah terbang tinggi ke angkasa. Lalu semua orang berseru dan bertepuk tangan gembira.

Berwarna-warni balon dibeli dan diterbangkan, mengangkasa tinggi, mungkin tak kembali lagi, lalu seorang anak berkulit gelap mendatangi penjual balon dan bertanya. Nadanya sedih, matanya berkaca-kaca. “Pak, apakah balon hitam tak bisa terbang? Apakah balon berwarna hitam seperti balon lainnya yang terbang tinggi ke angkasa?” tanyanya dengan kesedihan membias di wajah.

“Oh, bukan warna yang membuatnya terbang tinggi,” kata sang penjual sambil mencari balon warna hitam. Sang penjual pun lalu dipompanya. Balon hitam pun mengembang, semakin besar, bahkan lebih besar dari balon biru, balon merah dan balon-balon sebelumnya. Setelah mengikat balon, sang penjual memberikannya sebagai hadiah. Lalu anak berkulit gelap itu memegang balon berwarna hitam, kemudian ia melepaskannya ke udara. Balon hitam pun terbang tinggi, tinggi sekali.

“Kini kau tahu, bukan warna yang membuat balon terbang tinggi, tapi isinya,” kata sang ayah yang diam-diam telah memberi uang pada penjual balon sebelumnya. Kini sang anak tahu, bukan kulit gelap atau kulit putih, bukan rambut ikal atau pirang, bukan pula tubuh pendek atau tinggi yang membuatnya berprestasi, tapi isinya. Isinya!

Source : http://penerang.com/2011/03/29/kisah-tentang-balon-warna-hitam/

4 thoughts on “Balon Warna Hitam

  1. Pingback: Balon Warna Hitam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s