Finance

Selalu Bagi Penghasilanmu Jadi 5 Bagian

Copaste abis-abisan dari sini. Sekedar catatan biar bisa saya baca2 lagi, kali waktu proses pengaplikasian lupa :p Walopun berat terutama bagian sarapan susu + telor hehe… I can’t do it Sir😀

Ga semua sih, tapi menurutku ada beberapa ide Li Ka-Shing, pengusaha terkenal dari Hongkong, yang bisa ditiru (dan juga disesuaikan) tentang pengalokasian pendapatan.

Menurut Li, apapun yang terjadi dan tidak peduli berapa pun penghasilanmu — kamu harus membaginya menjadi 5 bagian. Dengan begitu kamu dapat mengatur pengeluaranmu dengan baik.

1. Gunakan bagian pertama untuk biaya hidup sehari-hari

“Pilih makanan yang murah. Untuk sarapan kamu cuma perlu susu dan telur. Makan siang bisa kamu isi dengan menu sederhana dan buah. Memasaklah sendiri untuk makan malam. Menunya cukup dua jenis sayur dan segelas susu sebelum tidur. Selama badanmu masih muda, kamu tidak akan bermasalah dengan pola makan seperti ini”.

yang ini kayanya disesuaikan aja :p hehe

2. Gunakan bagian kedua pendapatan mu untuk biaya sosial

“Perluas pergaulanmu. Ini akan membuat kamu jadi pribadi yang berkembang. Gunakan uang ini untuk biaya telepon dan mentraktir teman. Ingat, teman yang kamu jamu haruslah yang lebih dari kamu. Dia harus punya semangat yang lebih darimu, lebih kaya dari kamu atau punya pengaruh dalam perkembangan karirmu. Dalam setahun, kamu akan punya banyak teman. Dan dikenal sebagai orang yang baik dan pemurah”

kalo bagian “memperluas pergaulan” saya setuju. Tapi bagian belakangnya kaya nya saya ga setuju, waktu saya baca saya kira maksud “biaya sosial” ini sedekah. Pergaulan diutamakan dengan yang orang-orang baik. Kaya kan belum tentu baik :p Tapi mungkin bagian yang baik2 nya yang dicontoh ya. Poin biaya sosial ini cocoknya beramal dengan sedekah. IMHO.

3. Pakai bagian ketiga untuk belajar. Beli buku atau pelatihan

“Karena kamu belum punya banyak uang, kamu harus fokus ke belajar. Sisihkan uang untuk beli buku setiap bulan. Resapi dan pelajari apa yang diajarkan di buku itu. Setelah selesai membaca, tuliskan lagi isi bukunya sesuai dengan pemahamanmu. Jangan ragu-ragu juga untuk mengikuti pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuanmu”

kalo pengalokasian ke buku udah, ini mah tinggal pengaplikasiannya aja kali ya :p

4. Bagian ke empat dari penghasilan mu, pakai untuk liburan

“Pergilah berwisata minimal sekali setahun. Tinggal saja di hotel yang murah agar mengemat biaya. Gunakan kesempatan ini untuk mengisi ulang energimu agar kamu tetap bersemangat dalam bekerja”

*langsung cari tiket promo😄

5. Manfaatkan bagian ke lima untuk berinvestasi

“Belajarlah untuk berinvestasi. Masukkan uang ke bank sebagai modal awal. Cara termudah adalah datang ke penjual grosir, lalu cari barang yang bisa kamu jual lagi. Saat kamu sudah bisa menghasilkan uang dari bisnis kecil-kecilan ini, kamu akan bersemangat untuk belajar bisnis lebih banyak lagi”

Kalo bagian ini masih kecil-kecilan, mudah2an segera berkembang dan pesat😀

Masukan2 dari Tuan Li Ka-Shing seputar masalah keuangan (ga semua ku copaste) :

– Jangan belanjakan uang terlalu banyak untuk pakaian

“Tekanlah pengeluaranmu untuk belanja pakaian. Kamu bisa beli semua yang kamu mau saat kamu sudah kaya nanti. Lebih baik gunakan uangmu untuk membeli kado bagi orang-orang terdekat. Jelaskan kepada mereka impian, cita-cita dan apa yang sedang kamu kerjakan untuk mencapainya. Buat mereka paham kenapa kamu sangat berhemat”

punya banyak pakaian juga buat apa ya, malah mubazir. mungkin pertama yang harus saya lakukan adalah meng-hidden akun-akun olshop yang ga kenal di timeline yang juga udah kebanyakan😀

– Kalausetelah setahun gajimu belum juga naik, kamu harusnya malu

“Kalau kamu sudah berjuang selama 1 tahun dan belum juga naik gaji, itu tandanya kamu tidak berkembang sebagai individu.”

😄

– Jika gajimu baru naik 15% , kamu harus cari pekerjaan tambahan

“Saat gajimu naik tapi masih sekitar 15%, itu artinya kamu harus mencari pekerjaan tambahan. Cobalah berjualan. Menjadi pedagang memang menantang, tapi kamu akan banyak belajar soal apa yang bisa diterima pasar dan apa yang tidak. Kamu juga akan bertemu orang-orang yang akan berpengaruh bagi karirmu kelak. Hampir semua pengusaha sukses adalah pedagang yang baik”

– Tidak ada yang salah dengan menjadi muda dan miskin

“Yang harus kamu tahu adalah bagaimana berinvestasi untuk meningkatkan kemampuanmu. Kamu harus memahami apa yang paling penting di hidupmu, di bagian mana kamu harus menginvestasikan waktu dan tenaga lebih banyak.”

“Hal-hal baik yang terjadi dalam hidup bisa direncanakan. Kebahagiaan bisa diatur. Kamu harus turun tangan untuk mengaturnya mulai dari sekarang”

Pernah baca dimana ya, kira2 isinya kalo mau usaha ya diwaktu muda, bukan di waktu tua, karena dengan memulai di waktu muda akan semakin banyak pengalaman yang kita punya.

Ganbatte!😀

6 thoughts on “Selalu Bagi Penghasilanmu Jadi 5 Bagian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s