Uncategorized

HajjNote : Sisters Fillah

Pukul 20.59 waktu Saudi Arabia (00.59 wib). Tiba-tiba pengen blog ini ada postingan saya selama di Makkah😀 jejak kenangan ceritanya.

Alhamdulillah menginjak hari ke 11 di Makkah. Semoga bisa meluangkan waktu untuk menuang kisah di blog ini beberapa cerita selama di Makkah.

Ada banyak manusia yang saya temui, dari berbagai negara, banyak yang menyenangkan, ada juga yang termasuk jenis bikin kita latihan sabar hehehe >_<

image

Namanya Mashita, saudari kita dari Pattani, Thailand. Salah satu daerah Muslim yang tak kunjung selesai konflik nya😦 Mashita dan suaminya cerita kalo di Pattani bahkan ga boleh pakai nama Muslim, masih banyak pembunuhan oleh polis (mereka nyebutnya polis)😦 mereka minta doa kita selalu untuk rakyat muslim Pattani di Thailand😦 Allahu khairil makiirin.

image

Ini saya sama nenek Dilbaz dari Turki. Waktu itu lagi bales bbm suami, eh dia tertarik sama hp saya, minta ditunjukin gambar dan cara motret terakhir2 kita pepotoan. Ngobrol deh pake bahasa english campur isyarat. Saat nenek Dilbaz bilang dari Turki, saya bilang, Erdogan? Langsung si nenek jawab seneng : “Ya ya Recep Erdogan”😀

image

Kalo ini sama sisters dari Tajikistan. Lupa nanya namanya. Duduk nunggu  maghriban sebelahan. Ngobrol dan ngaji bareng, seperti biasa pake bahasa english dan lebih banyak kode2 isyarat nya hehe

image

Nah kalo yang ini sister dari Gaza Palestina, Aya. MasyaAllah, bahagia plus haru banget pas ketemu. Karena pas saat sampai di Makkah sempet terbersit di hati saya pengen ketemu saudara saudari saya dari Palestina, terutama dari Gaza. Dan qodarulloh dipertemukan di Masjid Tan’im (Masjid ‘Aisyah ra) kemarin malem saat ambil miqat untuk umrah. Saya dan seorang jamaah sempet ngobrol sama suami nya, Muhammad, tentang hasil solidaritas Indonesia di Palestina dan penyerangan2 Israel selama Ramadhan lalu😦 karena dibatasi waktu, saat salam perpisahan Muhammad mengatakan pada kami, mohon sematkan Palestina di setiap doa kalian  di Masjidil Haram.
Always brother.

Alhamdulillah, Allah benar2 membuktikan di depan mata saya bahwa Islam itu memang bahasa universal. Ada banyak cerita sebenernya, tapi waktu sangat terbatas. Mudah2an punya kemampuan bahasa arab abis pulang ni😀 masa iya bahasa enggres sama isyarat trus ^^”

Jawarhat Dyar Furnished Apartment, Makkah, 25 September 2014

4 thoughts on “HajjNote : Sisters Fillah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s