Her Mind · Noted

Annoying Followers?

Beberapa minggu lalu lapak jualan buku saya di Instagram tiba-tiba di-follow oleh banyak akun, setelah saya intip-intip ternyata paling banyak Akun Jualan Followers.

Tadinya saya merasa ga masalah sih. Ya udah. Saya kira memang akun lapak jualan seperti biasanya. Tapi belakangan merasa terganggu karena ternyata spamming likes Akun Jualan Followers ini banyak banget.

Jadi SETIAP saya update foto jualan akun-akun ini langsung keroyokan ngelike. Biasanya kalo lagi update foto saya batasi dengan 3 – 5 foto sekali upload dengan jeda pagi dan malem / pagi dan siang. Saya mikirnya akun-akun ini memang online terus tiap menit apa akunnya dikendaliin robot ya? Ya kalo cuma 1 akun, lah kalo sampe ada 10 akun dikali 5 foto? tiap hari? Belum lagi ditambah likes dan komen-komen pembeli yang ga banyak-banyak banget. Dijamin komen-komen ini terselip entah dimana.

Btw bukannya bagus ya di-like?

Ya tergantung, kalo like keroyokan gitu untuk tujuan “yang cuma dia yang tau” bagi saya mengganggu. Karena akibat spamming likes dari akun-akun ini, akhirnya yang bener-bener komen pengen beli/nanya buku di notification jadi tenggelam/keselip gara-gara kemunculan notif  likes akun-akun ini. Saya baru nyadar waktu ada pembeli yang menghubungi via wa karena saya ga bales-bales waktu ditanya di instagram. Ternyata komennya keselip.

Dan gara-gara kejadian ini akhirnya saya mutusin ngambil langkah untuk mem-BLOCK akun-akun penjual jasa followers ini. Saya sangat menghargai setiap individu yang berusaha untuk berkarya melalui berdagang, tapi akan lebih baik jika tidak sampai mengganggu orang lain. Mudah-mudah saya bukan termasuk annoying follower.

2 thoughts on “Annoying Followers?

Leave a Reply

